Ada 15 Investor akan Ground Breaking di IKN, Ini Daftarnya

Jakarta, CNBC Indonesia РPara konglomerat Indonesia turut serta dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (OIKN) mengungkap 15 investor bakal melakukan groundbreaking proyek baru di IKN pada Januari hingga Februari 2024 mendatang.

Sebanyak 15 investor yang terdiri dari pihak swasta dan lembaga pemerintahan akan mulai membangun berbagai proyek sesuai kepentingannya.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara Agung Wicaksono mengatakan, meski daftarnya sudah ada untuk per perusahaan dan per proyek namun untuk nilai investasinya belum bisa dia ungkapkan.

“Investasi groundbreaking Januari-Februari, saya belum bisa sebut nilainya, tapi perusahaannya ada 15 yang ada di dalam pipeline,” kata Agung saat konferensi pers secara daring, Jumat (29/12/2023).

Adapun rincian dari 15 investor itu terdiri dari dua perusahaan yang khusus membangun proyek hijau, yakni Yayasan Arsari Djojohadikusumo untuk pulau suaka orangutan.

Lalu ada konsorsium nusantara untuk botanical garden. Konsorsium nusantara terdiri dari Agung Sedayu Group, Adaro, Sinarmas, Pulauintan, Salim Group, Astra, Mulia Group, Barito Pacific, Kawan Lama, serta Alfamart.

Untuk investor swasta dan lembaga pemerintah untuk proyek di luar proyek hijau ada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk gedung kantor, demikian juga Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan BPJS Kesehatan.

PT PLN juga akan mulai membangun untuk gedung kantor, bersama dengan Bank Mandiri dan Bank BCA untuk perkantoran atau bank. Selain itu ada Ciputra yang akan mulai membangun proyek hunian hijau, hotel, dan lapangan golf.

Indogrosir untuk beragam proyek, RGE (Royal Golden Eagle) Group untuk hotel bintang 5 dan convention center, Jambuluwuk akan membangun hotel, GrandLucky Superstore beragam proyek, Sinar Primera untuk kawasan pergudangan dan PT Gema Graha Sarana (GGS) serta VIVERE Grup untuk showroom furnitur.

“Ini menunjukkan bahwa IKN gaspol terus di 2024 dengan groundbreaking investasi dan kita siap untuk bekerja sama, berkolaborasi untuk mewujudkan kota hijau, kota cerdas dan dimulainya upacara 17 Agustus di 2024 nanti,” tutur Agung.

Sebagai informasi, pada 2023 sudah sebanyak 23 investor yang groundbreaking di IKN dengan total nilai dana yang dikucurkan mencapai Rp 41 triliun untuk berbagai macam proyek. https://documentsemua.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*