BPS Warning El Nino Bisa Bertahan hingga April 2024!

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Inflasi Indonesia tercatat menurun pada 2023. Inflasi di dalam negeri mencapai 2,61%, lebih rendah dibandingkan 5,51% pada 2022. Inflasi yang rendah ini dipicu oleh penurunan harga bahan bakar mineral (BBM) dan tidak adanya kenaikan BBM subsidi pada tahun ini.

Namun, BPS mencatat sepanjang 2023, Indonesia dilanda El Nino, terutama pada Maret, April, dan Mei 2023.

“BMKG dan badan dunia lainnya memperkirakan El Nino akan terjadi dalam mode moderat dan bertahan hingga April 2024,” ungkap Plt Kepala BPS Amalia A. Widyasanti dalam rilis berita resmi statistik (BRS), Selasa (2/1/2023).

Akibat, El Nino harga beras pada tahun ini melesat naik. Pada Desember 2023, Amalia mengungkapkan beras masih mengalami inflasi bulanan 0,48%.

Adapun, inflasi beras sudah lebih rendah dibandingkan dengan Desember 2022 yang sebelumnya sebesar 2,30%. Amalia menuturkan, jumlah kota yang mengalami inflasi beras juga lebih sedikit, yakni menjadi 56 kota inflasi, 23 kota deflasi dan 11 kota stabil.

Amalia pun mengungkapkan andil inflasi harga beras sebesar 0,53% terhadap inflasi umum pada 2023.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2024, gangguan iklim dari Samudra Pasifik yaitu ENSO diperkirakan akan berada pada fase El Nino Lemah – Moderat di awal tahun 2024 kemudian selanjutnya hingga akhir tahun 2024 diprediksikan berada pada fase Netral.

Terdapat peluang namun kecil untuk berkembang menjadi fenomena La Nina yang merupakan pemicu anomali iklim basah. Demikian juga dengan fenomena Indian Ocean Dipole (IOD) yang merupakan penyebab gangguan iklim dari Samudra Hindia, diprediksikan akan berada pada fase Netral dari awal hingga akhir tahun 2024.

Berdasarkan dinamika atmosfer tersebut lanjut Dwikorita, maka jumlah curah hujan tahunan pada 2024 diprediksikan umumnya berkisar pada kondisi normal. Namun, terdapat beberapa wilayah yang diprediksikan dapat mengalami hujan tahunan di atas normal yaitu meliputi sebagian kecil Aceh, Sumatera Barat bagian selatan, sebagian kecil Riau, sebagian kecil Kalimantan Selatan, sebagian kecil Gorontalo, sebagian kecil Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat bagian utara, sebagian kecil Sulawesi Selatan, sebagian kecil Papua Barat dan Papua bagian utara. https://nutriapel.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*