Dampak Gempa M7,4 Jepang: Korea Selatan Dilanda Tsunami!

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Korea Selatan dilanda tsunami pasca gempa berkekuatan magnitudo 7,4 melanda Prefektur Ishikawa, Jepang pada pukul 16.10 JST atau 14.10 WIB, hari ini, Senin (1/1/2024)

Seperti dilansir Reuters, tsunami pertama mencapai pantai timur Korea Selatan pada 0921 GMT dengan ketinggian 45 cm (1,5 kaki).

Badan meteorologi Korea Selatan menyampaikan tsunami dapat berkembang setelah gelombang awal dan mungkin berlanjut selama lebih dari 24 jam.

Provinsi Gangwon di Korea Selatan memperingatkan warganya untuk mengambil tindakan pencegahan dan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Badan meteorologi Korea Selatan sebelumnya mengatakan permukaan air laut di beberapa bagian provinsi Gangwon di pantai timur mungkin akan naik setelah gempa bumi berkekuatan awal 7,6 melanda Jepang tengah bagian utara. Warga diminta untuk berhati-hati.

Dikatakan bahwa gelombang tsunami setinggi 0,3 meter dapat mencapai pantai timur Korea Selatan antara pukul 09.29 GMT dan 10.17 GMT.

Provinsi Gangwon memberi tahu warga melalui pesan singkat darurat untuk menjauh dari pantai dan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Pemerintah Kota Samcheok menyarankan warganya untuk pindah ke area yang lebih tinggi dari gedung tiga lantai. https://tanyakanpada.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*