Negara Pertama dan Terakhir yang Rayakan Tahun Baru 2024!

Jakarta, CNBC Indonesia – Setiap daerah di berbagai belahan dunia memiliki zona waktu yang berbeda-beda, karena itu ada perbedaan pula dalam momen pergantian tahun. Negara yang pertama akan merayakan tahun baru yaitu Pulau Kiritibati, sementara yang terakhir merayakan tahun baru 2024 yakni Samoa. 

Perbedaan waktu terjadi akibat kekhasan garis penanggalan internasional, yaitu titik awal dan akhir resmi setiap hari. Gagasan tersebut pertama kali diperkenalkan pada sebuah konferensi pada tahun 1884 di mana dunia berupaya menciptakan ketertiban dengan munculnya jalur kereta api dan perjalanan internasional.

Garis penanggalan internasional kira-kira mengikuti meridian ke-180 dari utara ke selatan melalui tengah Samudera Pasifik. Letaknya separuh belahan dunia dari meridian utama, yang melintasi Greenwich, Inggris, di Britania Raya.

Waktu Universal Terkoordinasi (UTC)

Saat ini terdapat 38 waktu lokal yang digunakan, beberapa di antaranya berangkat dari Waktu Universal Terkoordinasi (UTC) dengan kenaikan 30 atau 45 menit, bukan satu jam, kata Paul Eggert, seorang ilmuwan komputer di Universitas California, Los Angeles yang mengelola Time Zone Database. Berikut adalah negara-negara pertama dan terakhir yang merayakan tahun baru 2024 :

Pulau Kiribati, Negara Pertama Merayakan Tahun Baru 2024

Melansir dari situs National Geographic, berdasarkan kekhasan garis tanggal internasional. Wilayah pertama yang akan merayakan tahun baru adalah Pulau Kiribati dan deretan 10 atol (pulau kecil) lain yang sebagian besar tidak berpenghuni di tengah Samudera Pasifik.

Berdasarkan situs Time and Data, pulau yang dijuluki Christmas Island ini merayakan tahun baru 2024 pertama kali. Apabila dihitung menurut zona waktu internasional UTC+7 atau GMT+7, maka pulau tersebut akan merayakan tahun baru pada Minggu, 31 Desember 2023 pukul 17.00 WIB.

Hal tersebut terjadi karena letak pulau Kiribati yang merupakan negara paling barat di Bumi. Letaknya sendiri berada di sekitar 4.000 km barat daya dari Hawaii.

Negara Terakhir yang Merayakan Tahun Baru 2024

Ilustrasi bendera Samoa

Sementara itu, negara terakhir yang merayakan tahun baru 2024 adalah negara kepulauan, Samoa. Menurut time and date, apabila dihitung menurut zona waktu internasional UTC+7 atau GMT+7, maka Samoa akan merayakan tahun baru 2024 pada hari Senin, 1 Januari 2024 pukul 18.00 WIB.

Berdasarkan kekhasan garis tanggal Internasional menurut National Geographic, Samoa terletak di barat daya pulau Kiribati di Pasifik Selatan. Samoa sendiri merupakan wilayah kepulauan terpencil di Amerika Serikat.

Selain Samoa, juga ada Pulau Niue yang akan merayakan tahun baru terakhir. Beberapa pulau lain yang termasuk di antaranya yaitu Pulau Baker dan Pulau Howland. Menurut situs Time and Date, berdasarkan zona waktu internasional UTC+7 atau GMT+7, pulau-pulau tersebut akan merayakan tahun baru 2024 pada hari Senin, 1 Januari 2024 pukul 19.00. https://bersiaplah.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*